ILMU GRAFIK
KOMPUTER & PENGOLAHAN CITRA
Ilmu grafik komputer adalah salah satu
cabang disiplin ilmu informatika atau ilmu komputer yang membuat data ataupun
informasi dalam bidang pembuatan gambar, grafik, diagram,fisik, matematik,
artistik bahkan struktur abstrak dan hal-hal sejenis lainnya dengan menggunakan
komputer.
Istilah ”Grafik Komputer” ditemukan
tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing)
dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi. Pengguna
mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra
melalui suatu komponen dasar visual feedback.
Bagian dari disiplin ilmu grafik komputer
meliputi:
• Geometri: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering: yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
• Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
• Geometri: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering: yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
• Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Pada perkembangan saat ini, pemanfaatan teknologi
grafika computer sangat dibutuhkan untuk memvisualisasikan objek-objek dunia
nyata menjadi objek grafis, dan implementasi yang real yaitu digunakannya
teknologi grafika komputer pada fraktal untuk pembuatan aplikasi desain suatu
benda.
Grafik komputer menciptakan gambar dari proses awal yaitu dengan
menghubungkan berbagai garis,titik,memberi warna dan teknik menggambar lainnya
sehingga terbentuklah hasil gambar yang diinginkan.
Contoh Aplikasi atau
Pemanfaatan Ilmu Grafik Komputer :
- Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan ini ilmu grafik komputer banyak digunakan oleh
berbagai pihak dalam dunia pendidikan seperti guru/dosen, siswa/mahasiswa yang
ingin mempresentasikan suatu objek yang nyata dengan menggunakan software atau
aplikasi tertentu seperti power point yang dapat membuat grafik atau gambar
diagram yang mempermudah proses presentasi suatu objek.
Kemudian ada aplikasi paint dari windows yang dapat membuat gambar dari
proses awal, aplikasi ini sudah banyak di ajarkan kepada siswa Sekolah Dasar
untuk menggambar dengan menggunakan komputer.
paint
- Bidang Perancangan.
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai
desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain
suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software
desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah
dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat
kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
Contoh aplikasinya: AutoCAD
- Bidang Hiburan.
Saat ini hampir disemua bidang hiburan menggunakan banyak bantuan dari Ilmu
Grafik Komputer, contohnya seperti pada film animasi yang membutuhkan pembuatan
gambar dengan menggunakan komputer, begitu juga dengan games saat ini yang
membutuhkan banyak bantuan komputer untuk membuat animasi, karakter dari
permainan dan efek dalam permainan semua itu membutuhkan banyak grafik komputer.Contoh
aplikasi pembuat animasi adalah macromedia flash.
film animasi
game
Pengolahan citra adalah salah satu cabang
dari ilmu informatika atau ilmu komputer yang mengubah atau memperbaiki
gambar atau suatu citra yang sudah ada menjadi suatu citra yang baru dengan
menggunakan teknik tertentu dan proses pengolahan citranya pun sudah tersedia.
Operasi Pengolahan
Citra diantaranya:
- Perbaikan kualitas citra (image enhacement) tujuan memperbaiki kualitas citra dengan memanipulasi parameter-parameter citra.
- Pemugaran citra (image restoration) tujuan menghilangkan cacat pada citra. Perbedaannya dengan perbaikan citra : penyebab degradasi citra diketahui.
- Pemampatan citra (image compression) tujuan citra direpresentasikan dalam bentuk lebih kompak, sehingga keperluan memori lebih sedikit namun dengan tetap mempertahankan kualitas gambar (misal dari .BMP menjadi .JPG).
- Segmentasi citra (image segmentation) tujuan memecah suatu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu kriteria tertentu. Berkaitan erat dengan pengenalan pola.
- Pengorakan citra (image analysis) tujuan menghitung besaran kuantitatif dari citra untuk menghasilkan deskripsinya. Diperlukan untuk melokalisasi objek yang diinginkan dari sekelilingnya.
- Rekonstruksi citra (image recontruction) tujuan membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi.
Contoh Aplikasi atau Pemanfaatan Ilmu Pengolahan Citra :
- Bidang Photografi.
Saat ini bidang yang mungkin paling banyak digemari sebagian besar anak
remaja adalah bidang photografi. Namun tidak cukup dengan hasil foto yang
original dihasilkan oleh kamera, kini banyak orang yang mengolah hasil jepretan
kamera dengan menggunakan banyak aplikasi pengolahan citra untuk mendapatkan
hasil citra yang baru dan lebih sempurna dalam tampilannya. Salah satu contoh
software pengolah citra yang sering digunakan di bidang ini adalah photoshop
dan corel draw,gimp
Gambar GIMP—Aplikasi Image editing untuk
digital art.
- Bidang Kedokteran.
Dalam bidang kesehatan pengolahan citra
digunakan untuk merontgen bagian dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk
menghetahui ada apa tidaknya kelainan atau penyakit yang ada di dalam tubuh
manusia.
Contoh gambar :
- Bidang visual
Bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan
lain-lain.
Contoh gambar yang
diambil dari satelit
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar